KONDENSOR (RADIATOR AC)

Fungsi Kondensor (radiator air conditioner)
pada ac mobil adalah untuk membuang panas yang dihasilkan oleh gas refrigerant yang dipompa oleh kompresor ac dengan bantuan kipas pendingin yang biasanya dikenal dengan extra fan dan selain itu fungsi kondensor adalah merubah wujud gas refrigerant menjadi cair sebelum di kabutkan oleh katup expansi Valve.

Letak atau posisi kondensor ac mobil secara umum berada didepan radiator tetapi ada juga yang diletakan terpisah dari radiator, yang tentu saja jika terletak terpisah dari radiator wajib menggunakan kipas  pendingin tersendiri.

Permasalahan  yang sering terjadi pada condensor Ac mobil
1. kurang optimal saat pendinginan
hal ini biasanya terjadi karena kotoran dan debu jalanan yang menempel atau bekas deburan cat yang kemungkinan bisa saja terjadi atau kondisi barang yang sudah lama atau tua
2.kebocoran pada pipa kondensirbiasanya terjadi karena masalah usia mobil, sampai mobil berumur lima tahun pun atau kilometer tempuh sampai 500 ribukilometer, belum tentu kondensor akan keropos dan bocor, kondensor bocor biasanya karena accident atau benturan dengan benda keras, ini berdasarkan catatan kerja saya Ya.
3. posisi kondensor yang salah ,Jika pendinginan kondensor menggunakan satu kipas atau dua kipas tetapi kedua kipas tersebut posisinya berada dibelakang radiator seperti Blazer atau Avanza Xenia, Vios, maka jarak antara kondensor dan radiator tidak boleh terlalu jauh dan terlalu dekat, tujuannya adalah agar pendinginan kondensor maksimal
4. kondensor ac tersumbat biasa terjadi untuk kendaraan yang sudah berumur lama, biasanya sumbatan kondensor ini berasal dari keausan kompresor berupa kerak kehitaman yang bisa juga dilihat dari sighglass pada pipa ac tekanan tinggi atau terjepit karena benturan.
Semoga bermanfaat, jika ditemukan masalah lain pada kondensor ac mobil, silahkan kunjungi bengkel kami untuk berkonsultasi gratis . terima kasih telah berkunjung salam hangat dari kami "Dewa Ac "

1 comment:

  1. Terimakasih untuk Sharing Artikelnya ya,
    Sekedar info bagi yang membutuhkan Sewa AC Jakarta bisa menghubungi kami ya.

    Kami dari Arthur Teknik,
    Info lebih lengkap tentang perusahaan kami bisa dilihat di sini : http://id.arthurteknik.com

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.