AC MOBIL PANAS DINGIN? UNSTABIL ?

Mobil toyota Avanza dengan kilometer tempuh sekitar 300 ribu atau pemakaian mobil diatas 5 tahun yang mendadak air conditioning panas hal ini biasa terjadi.

Keluhan masalah air conditioning mobil avanza ini kadang-kadang dingin dan kadang-kadang panas, kalau sudah panas tidak bisa dingin lagi. Untuk mengetahui maksud dari keluhan air conditioning mobil tersebut, saya coba hidupkan mesin mobil dan nyalakan air conditioning

Dari saluran udara air conditioning di dashboard angin yang keluar typical pada posisi saklar 1234 putaran blower dan hawa dingin langsung keluar dari flame broil air conditioning, sampai saklar saya mainkan on off, kompresor air conditioning terlihat ordinary tidak ada masalah.

Ini artinya kerja sistem air conditioning mobil dalam kondisi baik-baik saja karna terlihat ordinary sesuai fungsinnya.

Mesin saya biarkan dalam kondisi hidup dengan air conditioning mobil tetap dinyalakan untuk beberapa menit hampir 20 menit, sambil saya tinggalkan untuk memeriksa pekerjaan yang lain. Setelah 30 menit kemudian saya kembali ke mobil Avanza yang dalam kondisi mesin hidup dan air conditioning mobil yang saya nyalakan sewaktu saya tinggalkan tadi.

Setelah saya cek masuk kabin dan merasakan udara yang tidak dingin atau hawa yang panas keluar dari saluran udara air conditioning di dashboard, ini mungkin yang selama ini jadi permasalahan Ac mobil kadang dingin tetapi setelah mesin panas atau setelah mobil jalan beberapa kilometer sudah hilang hawa dinginnya.

Setelah saya pahami masalah seperti ini biasanya terjadi kerusakan pada attractive grip kompresor atau secara umum attractive grasp kompresor air conditioning tidak bekerja dengan ordinary, yang besar kemungkinan disebabkan spull terbakar, sekring putus atau joke hand-off kompresor air conditioning tidak bekerja ataupun sumber listrik yang lain.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap tahanan spull attractive grip saat kompresor tidak bekerja, nilai tahan attractive grasp terbaca ordinary dengan avo meter Artinya arus listrik yang menuju ke spull attractive grasp tidak ada sehingga menyebabkan kompresor air conditioning tidak bekerja atau kesimpulan arus listrik hilang di jalur kabel compresor

Kemudian saya matikan mesin dan biarkan mesin dingin sambil ditinggal istirahat karena waktu sudah siang dan waktunya makan siang ..

Karena penasaran dengan apa yang terjadi,maka saya hidupkan mesin sambil hidupkan air conditioning sampai temperatur kerja mesin, saat temperatur kerja mesin tercapai atau mesin sudah panas, air conditioning mobil masih terlihat ordinary, kompresor air conditioning masih bisa on/off mengikuti temperatur di evaporator

Saya coba gas mesin, rpm saya tahan di 2500 rpm agar ketemu lagi dengan masalah kompresor mati tersebut. begitu mesin saya naikan rpm diatas 3000 rpm terlihat jarum indikator temperatur mesin langsung naik diatas setengah dan hampir mendekati garis merah, pelan-pelan saya rasakan udara hembusan angin air conditioning dari dashboard tidak dingin lagi dan tidak terdengar suara kompresor air conditioning on/off.

Kesimpulan play on words bisa diambil penyebab air conditioning panas pada toyota avanza ini adalah akibat mesin overheat, sehingga kompresor air conditioning tidak bekerja dan air conditioning panas.

Nah sekarang saatnya mengetahui apa penyebab mesin overheat pada mobil ini, kalau kipas radiator rusak tidak mungkin, karena kipas radiator berputar dengan baik.

Setelah menunggu mesin dingin dan tutup radiator dibuka, terlihat jelas air radiator habis, yang berarti terjadi kebocoran pada sistem pendingin mesin. Apa penyebabnya? Tutup radiator rusak ternyata menjadi akar permasalahan sebenarnya, tutup radiator rusak ini mengakibatkan air terbuang lebih cepat ke supply tank dan air radiator habis. Karena saat tambah air radiator, hampir 1,5 liter air radiator yang bisa masuk ke radiator.

Setelah tambah air radiator dan ganti tutup radiator, saat mesin dihidupkan dan air conditioning mobil dinyalakan, hingga temperatur kerja mesin dan rpm mesin ditahan pada 2000 hingga 3000 rpm untuk beberapa saat lamanya, indikator temperatur mesin tidak terlihat lebih dari setengah dan kompresor air conditioning bekerja on/off dengan baik.

Dalam hal ini kita dapat menyimpulkan bahwa jika Ac tiba2 tidak dingin atau kadang dingin kadang tidak ,hal itu bisa disebabkan oleh hal yang kadang di luar pikiran kita ,oleh sebab itu dari kasus mobil Avanza kita bisa belajar bahwa hal kecil kadang berakibat patal padahal kalau kita mau rutin melakukan pengecekan air radiator pagi hari saat menghidupkan mobil hal ini tak akan terjadi.

Demikian pengalaman dari kami semoga membantu jika terjadi upmasalah yang anda tidak bisa menganalisa silahkan hubungi kami ,NET SERVICE siap membantu konsultasi dan pengecekan 100 persen free .

2 comments:

  1. Mobil taxi saya persis sama ac nya...mobil saya lova chevrolet...apa yg di belikan biar ac tetap dingin dan tidak panas

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.